Pendekatan Saintifik Dalam Pengembangan Metode dan Strategi Pembelajaran Agama Islam di Indonesia

Authors

  • Asep Sunarko Universitas Sains Al Quran (UNSIQ)
  • Agus Maulana Firdaus UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53866/jimi.v1i2.10

Keywords:

Pendekatan saintifik, Pendidikan agama, Studi Islam

Abstract

Pengembangan pendidikan agama islam tidak boleh berhenti, artinya tidak boleh hanya menggunakan cara-cara lama melainkan harus terus berkembang sesui dengan kebutuhan zamannya.  Perkembangan zaman yang sangat cepat membuat para pengajar agama islam harus meningkatkan cara mengajar mereka dari segi metode dan strateginya. Salah satu yang pendekatan yang bisa dijadikan sumber pengembangan metode dan strategi pengajaran agama islam adalaha pendekatan saintifik. Pendekatan ini mengarahkan para pembelajar untuk selalu aktif mengonstruk konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan mengamati (untuk mengidentifikasi atau menemukan masalah), merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang ditemukan. Metode dan strategi pembelajaran agama islam dengan pendekatan saintifik ini selalu mengajak para pengajar dan peserta didik untuk mampu berfikir kritis, dan menggunakan nalar yang mendalam sehingga diharapkan mampu memunculkan pemahaman keagamaan yang baik dan tidak terjebak pada taqlid buta sehingga memunculkan umat yang wasatoh.

References

Ali, Mokhtar dan Krisno, Agus. (2016). Proseding Edukasi Biologi : Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar di Malang, Vol. 13.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Lazim, M. (2013). Penerapan Pendidikan Santifik Dalam Pembelajaran Kurikulum. Diakses http//www.pppgkes.com

Masduki, “Pendidikan Islam dan Kemajuan Sains: Historisitas Pendidikan Islam yang Mencerahkan,” Jurnal Pendidikan Islam, Volume IV, Nomor 2, Desember 2015/1437.

Machin. (2014). Jurnal Pendidikan IPA di Indonesia : Implementasi Pendidikan Saintifik Penanaman Karakter dan Konservasi Pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan.

Musyfiqon dan Nurdiansyah. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik, Sidoarjo : Nizamia Learning Center.

Ni Luh, Septiana Putri dan Adnyana, Putra Ketut. (2016). Penerapan Pendidikan Saintifik Dengan Model Pembelajaran Penemuan Berbantuan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA, Jurnal PGSD, Vol 4.

Sani, Ridwan Abdul. (2013). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sumarna, Cecep. (2005). Rekonstruksi Ilmu: Dari Empirik-Rasional Ateistik ke Ampirik-Rasional Teistik. Bandung: Benang Merah Press.

Wibowo, Djoko Rohadi. (2017). Pendekatan Saintifik dalam mengembangkan Sikap Kritis siswa Pada Pembelajaran Akidah Akhlak.TERAMPIL, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Volume 4 Nomor 1 Lampung.

Downloads

Published

2021-09-21